Saturday, July 8, 2017

hai, kamu





Terlalu klise kalo saya nulis liriknya Jason Mraz- Lucky I'm in love with my bestfriend.
Yang jelas, saya bahagia kalau Miftah ada di dekat saya. Begitulah singkatnya. 


Terima kasih, dan mari berjuang bersama :')

Thursday, March 9, 2017

Jadi Wanita Karir?


Bekasi, Maret 2017

Nyangka nggak sih bakalan merintis karir serius gini? Jawabannya enggak. Dari dulu bayangan saya adalah bekerja sebagai pengusaha yang jam kerjanya bebas. Hehehe. Tapi doa ibu emang nomer satu. Berkat doa ibu yang luar biasa dan keinginannya agar anaknya jadi pegawai BUMN, saya beneran di posisi ini sekarang. Doa ibu itu ridho Allah. Sekarang saya bener-bener percaya banget kalo ridho ibu itu ridho Allah. Alhamdulillah

Okey, sudah dua bulanan saya ikut program FGDP adhi karya (semacam MT). Dan beruntung sekali masuk ke Departemen TOD (transit oriented development). Apa itu TOD? Silakan googling, karena saya nggak mau nyeritain apa itu TOD hehehe. 

Yang pasti di TOD ini saya dan temen-temen langsung di cemplungin dan di delep-delepin atau dicelup-celupin ampe megap-megap karena syok. Beruntung lagi saya di divisi marketing. Aaaaaah... disini semua potensi dan pengalaman yang pernah saya pakai jaman kuliah dipakai semua. Dan dulu emang agak kaget sih. Dua minggu awal saya langsung disuruh tanggung jawab Open Table (pameran properti kecil, kalo kalian pernah yg jual-jual apartemen di mall. Nah itu dia) di salah satu pusat perbelanjaan di Sentul. Untungya saya pernah WEX. Untungya sudah pernah ngedekor pameran. Waktu itu kerjanya dari mulai ngelayout pameran, beli perlengkapan dekor, dan pasang pameran. Terus ngurus jadwal seragam sales, bikin kaos sales dan karena penasaran, saya sampai terjun jualan apartemen eheheheheh. Awalan yang seru kan? Menurutku sih seru. 

Next week, setelah keisengin saya membuat analisis kelebihan dan kekurangan marketing proyek saya, saya diminta persentasi ke pak General Manager TOD, disitu saya mengeluarkan uneg-uneg dan ide-ide tentang apa yang saya amati selama 2 minggu awal. Setelah di bully oleh pak GM dan Pak Kadiv (tapi gak ngerasa di bully, malah kesannya mereka memotivasi dengan cambukan gitu, haha), saya dikasih tugas explore sales, cari tahu mana yang berkualitas mana yang tidak eheheheheh. Dan ngetest sales satu-satu tanpa ketahuan ngetest itu butuh mental kuat dan muka polos, begitu ternyata :')

Itu baru awalan. Lanjut lagi, saya disuruh belajar dan baca buku marketing. So, rak buku saya penuh Hermawan Kartajaya sekarang hahaha. Pulang jam kantor baca buku. Bikin rangkuman.

Dan sejak itu banyak hal-hal baru lainnya yang seru banget buat dipelajari. Sekarang bahkan udah dikasih tanggung jawab ini itu. Berat? Entahlah. Tapi kalo dibandingin sama kuliah arsitek ya sama sih beratnya. Seru. Yang banyak dipake sih soft skill di organisasi. Kalo materi kuliahnya hmmm... bye deh bye... yang pasti mekanika tekik, matematika sama fisika bangunan walaupun nilai D nggak ngefek hihihi

Dan yang bikin bersyukur lagi adalah nggak nyangka kerja di BUMN bakalan seseru ini. Saya pikir saya bakalan di depan laptop tiap hari, ato ke ngecek proyek ato ngecek gambar DED. Alhamdulillah alhamdulillah nggak begitu... 

bonus boleh ya?

This is like... everything I wanna do come true. 

Bisnis plan, iya. Seni, iya. Aristektur, iya. Graphic design, iya. Dekor, iya. Organisasi, iya banget. Alhamdulillah lagi.

Yang saya syukuri lagi adalah...
Ketemu orang-orang berjiwa muda, idealis cukup tinggi, punya taste tinggi, inspiratif, motivatif (emang ada?). Dari Pak GM, Kadiv, Manajer Pemasaran, sampe Project Manager saya, luar biyasak semua. Nggak cuma itu sih, staff-staff senior FGDP angkatan sebelumnya juga luar biyasak keren-keren dan menginspirasi. Super banget deh :')

Alhamdulillah, dan bismillah,
Semoga nggak cepet bosen dan tanggung jawab yang diberikan ke saya dapat saya jalankan dengan sebaik-baiknya. 



note: mindboard yg sudah saya bikin, suatu hari bakal saya jalankan lagi, sementara pending dulu

xoxo!

Sunday, February 19, 2017

this is not a story when a girl meets a boy #3



"Menurut gue, nggak ada orang yang bener-bener ngedukung mimpi kita sepenuh hati."

"Hmm.. statement menarik."
"Menurut gue, semendukung apapun dia, ketika nanti kita sukses, dia akan iri, kalo kita gagal, mungkin akan ditinggalkan."
"Hmm... Statement lu bikin gue mikir....."

Entah kenapa setelah menonton drama La la land, muncul statement begitu. Mungkin termasuk statement super pribadi, dari pengalaman pribadi yang mungkin pernah terjadi pada orang lain. Or never.

Menurutmu malam itu obrolan kita masuk ke pembicaraan tingkat 3, eveluative level. Dimana kita saling bertukar opini dan pendapat. Melemparkan statement sehingga salah satu dari kita harus berpikir ulang untuk menanggapi.

Menurutku itu masuk pembicaraan tingkat 5, peak level. Karena  pembicaraan ini tentang opini yang keluar berdasarkan pengalaman dan menyangkut perasaan.

So 3rd or 5th level. It's up to you, readers. 

Sudut pandang pria dan wanita selalu berbeda. Seperti tiga dan lima, enam dan sembilan, logika dan rasa. Selalu begitu. Selalu berbeda. Selalu melengkapi, seperti logika dan rasa?

I've learned a lot from our lastest story. Even the answer is just the same. Always. Logika dan rasa. Entahlah. 

Balik ke topik mimpi, that's the truth. Bahwa tidak ada yang benar-benar mendukung mimpi kita sepenuh hati, selain hati kita. Kita berjuang sendiri. Jangan bergantung pada siapapun. Siapapun. Mimpi kita ada di hati kita (if you remember; a dream that you wish your heart makes). Jadi baik aku ataupun kamu, perjuangkan mimpi kita masing-masing sebaik-baiknya.

Mungkin belum terpikir mimpi masing-masing dari kita akan jadi mimpi kita. Tapi, satu, dari puluhan mimpi yang kita punya adalah mimpi kita. 

"Saling bantu aja..."
"Makasih, ya, baik banget sih."

So, to be remembered that this journey comes to the live lessons number 4: live the moment. Enjoy aja walau berat.


Catatan ini berlaku untuk saya yang menulis, sebagai quotes awal tahun 2017. 


Good luck!


Tuesday, January 17, 2017

From 23 to 24 y.o; it's not a journey, it's a step. Big step!

Too late to say Happy New Year 2017. But it's not that late to say happy birthday to me. Yes, I’m turning 24 today! Alhamdulillah. 

Seperti 23 tahun sebelumnya, saya memang tidak pernah merayakan ulang tahun dengan orang banyak dan heboh. Makin kesini, saya lebih menikmati pertambahan usia sendirian. Buat merenungi apa yang telah dicapai selama setahun belakangan. Begitulah saya. Melankolis. Setahun belakangan, saya baru menyadari saya bukan seorang extrovert dan bukan seorang ambivert yang dulu saya banggakan. Saya seorang introvert. Apa yang membuat saya terlihat extrovert adalah saya karena saya mau.


Rumah Akar, Kota Tua, 8 Januari 2017

Ternyata saya adalah seorang INFJ (Introvert, Instuition, Feeling, Judging) yang melankolis bergolongan darah A, tapi selalu dikira B, padahal perfeksionis namun kurang percaya diri tapi keras kepala. Nah loh. Rumit.  

Jadi, perjalanan dari 23 menuju 24 adalah: perjuangan akhir saya mendapatkan gelar Sarjana Teknik. Jatuh cinta. Sakit hati. Berjuang mendapat pekerjaan. Bergumul dengan batin dan logika. Dan berakhir dengaaaaan........ jengjengjeng awal baru: 
mendapat pekerjaan sesuai life maping yang pernah saya buat jaman ospek di Fakultas Teknik UGM tentang perjalanan saya sejak hari itu, lulus, masuk Adhi Karya dan perjalanan berikutnya. Udah dibuang sih life maping nya, tapi pas beneran diterima kerja di Adhi Karya semacam dejavu. Pas diinget, ternyata pernah bikin life maping. Alhamdulillah, berkat doa ibu. 

Menginjak 24 tahun ini banyak sekali proses dan pelajaran yang diberikan Allah untuk saya. Bobot nyaseimbang antara apes dan beruntung. Seimbang antara sedih dan bahagia. Seimbang antara sendiri dan bersama-sama. Lalu saya merasa setingkat lebih dewasa di usia ini.


So, let just say.... Bismillah for 24 to 25. Salah satu resolusi saya yang utama adalah istiqomah jadi muslimah beneran, bukan bala-bala lagi. Amin! Selain itu, saya sudah lelah dengan drama dunia dan ingin segera berlabuh. 


Quotes awal usia 23 adalah begin with one step. Buat 24 ini menurut saya adalah:

"Terima dan jalani sebaik-baiknya posisi kita masing-masing. Karena posisi kita kemarin, sekarang dan besok merupakan takdir-Nya."