Thursday, March 31, 2016

semacam superhero



Mama
(n) semacam superhero berhati malaikat


Sepertinya saya belum pernah cerita panjang lebar tentang mama saya. Sebagai anak perempuan, saya memang lebih dekat dengan almarhum papa saya. Mungkin karena papa lebih mengerti saya. Pemikiran saya dan mama dulu selalu berbeda, makanya jadi suka berantem. Saya adalah orang super kaku dan papa saya yang bisa bikin saya agak kalem, mungkin karena hati saya keras jadi ngedeketinnya pake logika ya. Ya segitu prolognya. Well, bukan itu sih poinnya. Jadi begini..

Kapan hari saya pulang ke rumah, sempat sebelumnya mama saya nelpon dan bilang kalau mau cerita banyak tentang adek saya. Jadi, obrolan siang itu, ketika saya pulang, memang agak berat dan cukup bikin saya shock, terharu, sedih, seneng, mind blown dan bersyukur. Eh etis diceritakan disini nggak sih? Anggaplah sharing aja ya.

Mama saya curhat tentang adek saya. Well, saya masih nggak tahu apakah pantas diceritakan disini, tapi yasudahlah. Intinya lah ya.
Adek saya kuliah di ISI jurusan teater setelah setahun sebelumnya sempat kuliah di Ilmu Sejarah UNS (dia lolos SNMPTN, btw, mayan cool ya). Karena nggak suka, makanya dia pindah ke ISI, ngikuti passionnya. Dia aktif di beberapa komunitas teater, pernah menjadi sutradara dan masih melatih teater di beberapa sekolah di Solo sampai sekarang.

Bukan, bukan itu yang bikin mama saya stres. Usut punya usut, dari sumber yang terpercaya, mama saya tahu ternyata si gembul ini suka bolos. Iya, ngakunya berangkat kuliah tapi ternyata bolos. Mana tau emak gue kan ya. Berangkat pagi ijinnya kuliah taunya entah pergi kemana. Pulang juga tepat waktu. Sebenernya wajar sih, kenakalan bocah cowok pada umumnya (Sebenernya wajarnya kalo masih SMA, tapi kalo udah kuliah gini kan udah gede harusnya nggak kayak gitu!!).

Itu yang bikin mama saya stress. Soalnya dulu pas kuliah sejarah kayak gitu juga, bolosan. Mungkin kalo itu karena dia nggak suka ya. Kalo yang sekarang kan ya udah diturutin passion dia maunya ke ISI :''
Orang tua mana yang nggak stres kalo anaknya kayak gitu. Saya juga shock pas di kasih tau. Kampret ni bocah emang. Saya pikir dia bakal total ngejar passion dia. Eh taunya begini lagi. Sedih :(

Tapi ternyata ni bocah emang bukan tipe yang bisa duduk di kelas, dengerin dosen ngomong, nyatet, ikut ujian blablabla kayak anak kuliahan pada umumnya. Nggak. Adek saya sepertinya bukan tipe kayak gitu. Dia lebih seneng nongkrongin orang-orang latihan teater, ngajarin olah tubuh, vokal, atau ngapain yang penting nggak di dalem kelas. Syid.

"Dek, mama sampe hampir jantungan tahu adek kayak gitu." 
dalem hati gue misuh-misuh.

Dan ketakutan saya dan mama pun sama. Gimana kalo adek saya ini nggak bisa dapet gelar sarjana?
Mama saya pusing tujuh keliling, stres berhari-hari, kasihan banget pokoknya mikirin si gembul, sampe pucet wajahnya, sampe tambah keriput disekitar matanya. Cerita aja sampe nangis lagi. Gue mo nangis ga berani. Tahan-tahan aja, sok tegar :')

Lalu kata mama, adek saya ini punya rencana bikin barbershop. Yaa adek saya ini memang sepertinya bukan tipe yang pengen lulus, jadi sarjana terus nyari kerja. Soalnya dari kecil udah keliatan banget ga bisa diem, ga bisa diatur dan papa juga pernah bilang kalo adek saya ini nggak pantes jadi karyawan, tapi memang harus jadi bos. Bakat kali ya dari kecil bandel . Pfft.

Mama saya orang yang open mind, pikirannya terbuka banget tentang pemikiran 'nyeleneh' anak-anaknya. Nggak pernah memaksa anaknya untuk jadi ini itu. Mama selalu berdoa supaya anak-anak nya sukses dengan jalan pilihan masing-masing. Alhamdulillah, saya punya mama yang nggak kolot. Tahu sendiri lah ya, jaman dulu orang tua kan pengen anaknya lulus sarjana, ngelamar kerja di perusahaan gede, entah BUMN atau jadi PNS.

Dengan keadaan adek saya yang seperti itu, mama saya yang awalnya hampir jantungan malah jadi ngedukung banget. Akhirnya adek saya disekolahin nyukur rambut buat nambah skill dia. Dua-lima tahun kedepan udah harus punya barbershop sendiri, katanya :'''

Saya insyaallah kali ini mau nurutin kata mama aja deh, kerja di perusahaan. Biar nggak nambah-nambahin pikiran lah ya. Itung-itung saya kayaknya juga nggak pernah nurut, sekali ini nurut deh. Kali aja rejekinya disitu :''

Pada akhirnya mama dan saya menyadari bahwa dari didikan yang sama, hasilnya belum tentu sama. Ya masa depan itu ada ditangannya sendiri-sendiri. Wong karakter, hobi, skill, passionnya aja juga beda-beda, masa iya hasilnya mau sama?


that face -_-


Esensi posting kali ini adalah, saya merasa sangat-sangat-sangat bersyukur sekali punya mama macem superhero yang selalu mendukung anaknya apapun keputusannya, meskipun sangat berat. Keberuntungan saya dan adek saya bukan hanya dari usaha, tapi sebagian besar dari doa mama yang nggak pernah berhenti. Jadi kalau saya lagi ngerasa beruntung, saya langsung mikir kalo doa mama saya dikabulkan-Nya.

Ya gitu deh. Berat banget beban mama saya. Kerutan di matanya makin banyak akhir-akhir ini.



//doakan saya ujian Tugas Akhir hari senin ya :'
//btw nyari foto bertiga terbaru tapi gak nemu -_-

No comments:

Post a Comment